Yamaha Luncurkan NMax Terbaru Lebih Cepat dari Honda PCX, Apa Alasannya?

Ototis.com – Rivalitas Yamaha dan Honda pada segmen kendaraan roda dua memang tak perlu dipertanyakan lagi. Hampir semua model kendaraan sepeda motor, kedua perusahaan ini memiliki produk yang serupa, termasuk pada jenis skuter matic bongsor.

Seperti yang kita tahu, bahwa Yamaha meluncurkan punggawanya terbarunya  yakni NMax versi 2018 lebih dahulu jika dibandingkan dengan peluncuran dari PCX dari Honda. Kabarnya, ada tujuan lain disamping peluncuran NMax yang lebih dahulu tersebut.

“Sebenarnya kami meluncurkan produk baru tidak bisa minggu depan. Kami mau preskon atau dua bulan lagi saya mau ada facelift, itu tidak bisa,” ujar Deputy General Manager Marketing PT YIMM, Eddy Ang saat peluncuran Nmax terbaru di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 9 Desember 2017.

Ia menambahkan, bahwa dirilisnya NMax beberapa hari sebelum peluncuran Honda PCX itu merupakan sebuah kebetulan. Menurutnya, alasan utama mereka mempercepat peluncuran PCX adalah karena pabrikan tersebut memiliki planning jangka panjang dalam menghadirkan sebuah kendaraan baru.

“Kalau dikaitkan dengan yang lain (Honda) itu urusan orang. Tapi, kalau dia meluncurkan juga (PCX) jawaban normatifnya, konsumen bisa banyak pilihan. Kemudian harapannya bisa membesarkan pasar ini lagi (skutik 155cc) dari 26 persen bisa lebih naik lagi di kelas premium,” katanya.

Menurutnya, ketika memasuki hari libur, banyak pengguna kendaraan roda empat yang memilih untuk menggunakan sepeda motor. Untuk itu, akhirnya ia merilis kendaraan tersebut, sebelum memasuki liburan sekolah.

“Sekarang kontribusi terhadap penjualan Yamaha memang naik cukup signifikan (NMax dan Aerox), terakhir itu kalau enggak salah dari data AISI sudah di angka 27 persen dari total demand 38-40 ribu unit, market-nya itu sekitar 25 persen (pasar skutik premium 155cc),” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *