Waspada, Shock Kotor Namun Bagian Tengah Bersih

Ototis.com – Beberapa daerah di Indonesia masih didera musim hujan. Beberapa diantara daerah itu malah sampai tergenang banjir hingga jalanan berlumpur. Pada kondisi ini, beberapa pemilik kendaraan bermotor justru malas dalam hal mencuci mobil. Anggapannya adalah karena ketika hujan lagi, maka kendaraan tersebut akan kembali kotor.

Ternyata kebiasaan ataupun angapan seperti itu sebaiknya dihindari. Kendaraan yang kotor, jika dibiarkan akan berimbas pada kinerja kendaraan itu sendiri. termasuk diantaranya adalah shockbreaker alias shock absorber.

Yang perlu diwaspadai adalah ketika shock kotor namun pada bagian tengahnya tetap bersih.

“Semua shock kotor, semua dekil. Cuma ini (bagian batang tengah) yang bersih,” kata Teddy Hartono, CEO PT Mitra Lestari Motorindo (Mitra2000), distributor peredam kejut YSS.

Bersih di bagian batang tengah ternyata  tak berarti bagus, Kenyataannya, bersihnya bagian tengah pada shock dikarenakan kotoran telah masuk ke sela-sela bagian dalam tabung peredam kejut.

“Berarti kotoran itu masuk ke sana, kebawa. Itu bersih karena bagian itu kan main terus ya. Nah, itu kotoran itu sudah masuk. Lama-lama, terus kotoran masuk, ya bocor. Ini salah satu kendala di Indonesia karena jalan banyak yang rusak, banyak tanah, lumpur,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *