Waspada Penjambretan Saat Berkendara dengan Sepeda Moter

Ototis.com – Penjambretan masih menjadi masalah sosial yang kerap terjadi di masyarakat Indonesia. Salah satu yang menjadi sasaran dari penjambretan adalah pejalan kaki dan pengendara sepeda motor.

Bahkan, baru-baru ini sempat terjadi peristiwa penjambretan yang mana kormbannya merupakan penumpang ojek online. Naasnya, penjambretan ini membuat korbannya mengalami kecelakaan bahkan meninggal dunia.

Terkait dengan hal ini, kewaspadaan terhadap segala hal buruk, serta konsentrasi saat tengah berkendara menjadi hal yang perlu ditekankan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Andry Berlianto, selaku Instruktur Rifat Drive Labs.

“Kronologis masih dalam penyelidikan apakah ini kasus penjambretan atau kasus kecelakaan karena berkendara dengan tidak fokus. Tips berkendaranya yang pasti berkendara adalah 100% full time job, tidak ada ruang untuk satu detik kesalahan. Selalu fokus terhadap lingkungan sekitar dan aware terhadap potensi bahaya yang mungkin datang,” kata Andry.

Pria tersebut juga sangat menyarankan para pengendara maupun penumpangnya untuk tidak melakukan aktifitas lain ketika tengah berada diatas motor.

“Saat membawa tas, pastikan ditaruh dalam dekapan depan antara badan pengendara dan penumpang, jika perlu taruh dalam ekstra box atau bagasi dalam jika tas/barang berharga masih muat,” ucap Andry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *