Velg ban Serep Berukuran Lebih Kecil, Ini Alasannya!

Ototis.com – Ban serep masuk dalam kelengkapan yang harus dimiliki sebuah kendaraan roda empat sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia. Mengenai ban serep pada sebuah mobil, jika diperhatikan memiliki ukuran pelek yang lebih kecil dengan pelek ban utama. Lalu kenapa begitu?

Penjawab pertanyaan tersebut, Arif Pramadana, selaku Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia menyampaikan bahwa ban serep tidak untuk digunakan sebagai ban utama, melainkan digunakan hanya dalam waktu terdesak dan sementara.

“Karena itu sifatnya temporary saja, tidak digunakan setiap hari. Misalnya, sekian kilometer harus diganti dengan yang aslinya,” kata Arif di Jakarta, Minggu, 20 Mei 2018.

Sedangkan dengan ukuran yang lebih kecil, hal ini merupakan strategi yang dilakukan oleh pihak pabrikan kendaraan unuk dapat menghemat pengeluaran dalam proses produksi mereka.

“Dari sisi cost-nya saja lebih murah, karena sifatnya juga temporary. Cuma di negara-negara maju kalau yang temporary itu harus cepat diganti. Karena dipakai terus itu tidak dianjurkan. Ada beberapa ATPM menggunakan yang sama (pelek). Tergantung cost,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *