Usai Mudik Pakai Sepeda Motor? Cek Bagian Ini!

Ototis.com – Saat anda usai melakukan kegiatan mudik dengaan menggunakan sepeda motor, ternyata bagian-bagian sepeda motor ini perlu anda perhatikan usai mudik. Bagian yang perlu diperhatikan atau di cek tersebut antara lain adalah
1. Pelumas/Oli

Oli menjadi salah satu bagian yang penting untuk melalui pengecekan.

“Setelah dipakai mudik, sebaiknya langsung ganti oli saja. Walaupun cuma dipakai ratusan kilometer, tapi oli bisa menjadi lebih encer karena oli mesin terus-terusan bekerja untuk melumasi mesin,” kata Sumiyanto dari bengkel Setia Motor di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu, 2 Juli 2017.

Malas untuk melakukan pergantian oli dapat berakibat buruk kepada kendaraan anda.

2. Rem

Rem ataupun sistem pemberhenti pada kendaraan juga perlu mengalami pengecekan. Hal tersebut dikarenakan saat mudik karena macet pastinya fungsi ini akan sangat sering digunakan.

3. Rantai dan V-belt

“Setelah dipakai jarak jauh, rantai motor bisa mengendur dan aus. Kalau dibiarkan bisa putus. Lain lagi kalau motor matic, CVT-nya dibuka untuk dibersihkan sekaligus memeriksa V-belt sama roller-rollernya,” kata Fahmi dari bengkel Sahabat Motor di Cibubur.

4. Suspensi

Suspensi pada kendaraan anda mungkin saja mengalami kerusakan apa bila saat mudik anda melintasi jalanan yang bergelombang.

5. Ban dan velg

Jangan lupa mengecek alur pada ban, siapa tahu ada kotoran yang menyangkut di alur tersebut.

6. Karburator atau injektor

“Biasanya kalau dipakai jarak jauh, settingan karburator berubah. Kalau dibiarkan akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Yang menggunakan motor injeksi juga sebaiknya diperiksakan saja,” kata Fahmi.

7. Kelistrikan

Dalam hal ini, anda perlu mengecek kondisi lampu-lampu kendaraan anda, apakah masih berfungsi dengan baik atau mengalami kerusakan.

8. Kencangkan mur-baut bodi

Jangan sepelekan hal ini, karena saat melewati medan yang jauh, mungkin saja mur ataupun baut pada kendaraan anda mulai mengendur.

Itulah sedikitnya delapan hal yang harus di cek ketika anda usai melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *