Untuk Dapatkan Oli Yang Berkualitas, Seharusnya Juga Menggunakan Bahan Baku Berkualitas

Ototis.com – Salah satu komponen penting bagi kendaraan adalah oli atau pelumas. Bagian ini juga menjadi bagian yang diharuskan untuk dilakukannya pergantian secara rutin. Namun, pemilihan pelumas untuk sebuah kendaraan juga harus dilakukan secara hati-hati.

Perlu diketahui, bahwa bahan baku dari pelumas akan sangat berpengaruh pada kualitas dari pelumas tersebut. Jadi, mekipun pelumas memiliki kandungan kimia serta spesifikasi yang tinggi, apa bila bahan dasar pembuat dari pelumas tersebut tidak terlalu baik, maka saat digunaan hasilnya tentunya ada perbedaan.

Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Mia Krishna A, selaku Lubricant Product Development Pertamina Lubricants yangmana sebuah perusahaan pelumas berkemungkinan membuat pelumas dengan bahan baku yang tak terlalu baik, namun hasil jadinya akan diberi spesifikasi yang cukup tinggi.

“Pada akhirnya, setelah digunakan baru terasa perbedaan antara pelumas yang dibuat dengan bahan baku kualitas tinggi versus yang rendah,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Sebagai contoh ia membahas tentang viscosity index (VI) yang mana biasanya orang tahu oli dengan spesifikasi VI tinggi merupakan oli sintetis. Namun, sebenarnya oli dengan VI tinggi dapat dibuat dengan memberikan kadar aditif VI improver dengan jumlah yang banyak terhadap bahan dasar oil mineral.

“Di jangka pendek, pelumas ini memang terasa enak digunakan, namun setelah beberapa waktu si aditif akan rusak dan menimbulkan potensi masalah akibat pengenceran, deposit, penguapan, dan lain-lain,” tutur Mia.

Untuk itu, menurutnya untuk dapat mendapatkan oli yang berkualitas tentunya harus menggunakan bahan baku yang berkualitas juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *