Untuk Bepergian, Sebaiknya Gunakan Oli Ini

Ototis.com – Seperti yang kita tahu, bahwa kondisi suhu di berbagai tempat berbeda-beda, serta juga beruba-ubah. Hal ini ternyata memberikan dampak tersendiri pada kendaraan bermotor anda. Terkait dengan hal ini, sangat dianjurkan penggunaan pelumas untuk kendaraan disesuaikan dengan kondisi suhui dari daerah tersebut.

Hal ini dikarenakan, memilihan pelumas yang tak sesuai dengan kondisi suhu di Indonesia akan membuat kendaraan bisa mengalami sulit menyala ketika di hidupkan. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Agung Prabowo, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants.

“Kalau untuk sehari-hari, yang cocok di Indonesia bisa pakai SAE 30 atau SAE 40, itu berdasarkan suhu kerjanya. Single grade dengan itu saya rasa sudah cukup. Tapi beda lagi kalau yang sering jalan-jalan misalkan ke Bogor, Bandung, dan wilayah lainnya yang cukup dingin dari Jakarta,” katanya kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

“Kalau sering jalan-jalan ada bagusnya pakai oli yang multi grade. Kenapa? Karena kalau gunakan single grade misalkan SAE 30, pasti tarikannya lebih berat kalai pagi di starter. Jadi kurang cocok. Maka lebih baik pakai SAE 10W-30 atau SAE 14-40, bisa dua medan,” lanjut Agung.

Penggunaan multi grade yang dianjurkan untuk kendaraan yang dipakai untuk bepergian adalah karena dengan teknologi tersebut, adalah karena cocok untuk berada di medan yang panas maupun yang dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *