Truk Listrik? Untuk Saat Ini Belum Mungkin!

Ototis.com – Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini demam kendaraan ramah lingkungan seperti kendaraan listrik tengah melanda di sebagian besar belahan dunia. Hal ini dibuktikan dengan mulai hadirnya mobil dan motor listrik.

Namun, terkait dengan hal ini, apakah kendaraan besar seperti truk juga memungkinkan dibuat menjadi truk listrik?

Menjawab pertanyaan itu, Putu Juli Ardika, selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin menyampaikan bahwa untuk saat ini, hal tersebut nampaknya belum dapat direalisasikan. Pasalnya, terkait dengan penggunaannya, truk dinilai kurang efisien jika menggunakan tenaga listrik.

“Truk itu kan intensitas di jalannya panjang. Kalau dia diubah juga ke listrik, harus berapa lama dijalan untuk berhenti dan nge-charge. Bisa-bisa 4 hari untuk perjalanan Jakarta-Bali saja,” katanya.

Selanjutnya, jika memang dibuat truk listrik dengan batrainya menggunakan sistem battery swapping, nampaknya hal ini juga akan sulit terjadi karena truk dalam perjalanannya juga harus menggendong baterai yang beratnya mencapai 2 ton.

“Siapa tuh yang mau angkut 2 ton baterai (untuk sistem battery swapping). Sehingga truk itu tidak bisa seperti motor yang baterainya bisa ditukar kalau memang ingin habis,” ucap Putu.

“Lagipula baterai truk itu ditaruh di bagian bawah, menyatu dengan komponen lain di kepalanya. Kalau ingin swapping, malah tidak efisien karena banyak yang harus dibongkar,” tambahnya.

Terlepas dari semua itu, pria tersebut menyampaikan bahwa untuk kedepannya bukan tidak mungkin akan ada truk listrik, pasalnya saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *