Toyota Siap Datangkan Mobil Listrik di Indonesia, Jika…

Ototis.com – Tak dapat di pungkiri, bahwa industri otomotif dunia saat ini sedang condong ke arah kendaraan ramah lingkungan seperti kendaraan Hybrid dan listrik. Tak ingin ketinggalan jaman, salah satu pabrikan otomotif Jepang yang berada di tanah aair, yakni Toyota menyatakan kesiapannya untuk menghadirkan kendaraan ramah linggungan di 2020 atau lebih.

Saat ini, Toyota memang belum mau mendatangkan kendaraan listriknya di Indonesia. Hal ini dikarenakan karena adanya beberapa hal yang dinilai belum siap. Namun, apabila haal-hal tersebut sudah terpenuhi, maka dapat dipastikan mereka akan menghadirkan produk tersebut ke Indonesia. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Edward Otto Kanter, Wakil Presiden Direktur PT TMMIN.

“Untuk mobil ramah lingkungan 2020 ke atas, kami sudah siap. Tinggal menunggu beberapa faktor lainnya saja. Kan untuk produknya sendiri, induk Toyota sudah punya ya,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Sebenarnya apakah hal-hal tersebut yang akhirnya membuat Toyota saat ini masih enggan untuk menghadirkan produk tersebut di Indonesia?

Beberapa hal tersebut antara lain adalah Daya beli masyarakat Indonesia, infrastruktur, hingga reguasi dari pemerintah terkaait dengan kendaraan ramah lingkungan. Jika ketiganya telah terpenuhi, maka Toyota akan membawa mobil listriknya ke Indonesia.

“Kita harus liat daya beli konsumennya seperti apa. Infrastruktur yang tersedia juga bagaimana. Kebijakan pemerintah untuk mendorong percepatannya juga harus dilihat, dan juga penerima negara. Nah empat faktor ini yang menentukan karena juga kan saling bersinggungan,” ucap Edward.

“Nah untuk produk, kita lihat keempat itu dulu mana yang masuk. Karena manufaktur itu kan merupakan bisnis long-term (jangka panjang), jadi harus detail dan kontinyu,” terusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *