Toyota Siap Buat Mobil Listrik Di Indonesia?

Ototis.com – Hingga saat ini, sebenarnya salah satu pabrikan mobil asal Jepang, Toyota telah mulai membuat ataupun merakit produknya di Indonesia. Namun, sayangnya kendaraan tersebut sebatas untuk kendaraan dengan mesin konvensional.

Namun, karena industri otomotif saat ini mulai bergeser ke kendaraan ramah lingkungan, maka besar kemungkinannya bahwa Toyota akan membuat mobil listrik di Indonesia. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Direktur TMMIN, Warih AndangĀ  Tjahjono.

“Sekarang kan sedang disiapkan regulasi dari pemerintah untuk kendaraan dengan energi listrik. Kalau itu sudah mulai, maka bisa tuh kami mulai juga,” katanya.

Namun, untuk mencapai ke langkah tersebut, beberapa hal harus terlebih dahulu mereka pikirkan. Tujuannya adalah, supaya mereka benar-benar siap untuk kedepannya dalam meluncurkan kendaraan roda empat listik di Indonesia. Berbagai hal yang perlu mereka perhatikan sebelum mulai produksi mobil listrik antara lain adalah rantai suplai spare parts, kesiapan diler, hingga pengetahuan konsumen akan kendaraan listrik.

Jika seperti itu, kapankah mereka benar-benar siap untuk membuat kendaraan mobil listrik di Indonesia? apakah akan memakan waktu yang sama lamanya seperti saat mereka akan memulai memproduksi mobil di tanah air?

“Kami siap. Kalau di awal manufaktur mobil biasa kan butuh sampai 10 tahun persiapannya. Tetapi saya rasa di sini enggak perlulah, tinggal copy dari negara lain, karena Jepang sebagai induk ada, di Eropa juga punya, Amerika ada. Ya lima sampai enam tahun cukuplah,” ujar Warih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *