Tips Supaya Mobil Tidak Terbakar

Ototis.com – Beberapa waktu lalu, dunia otomotif digemparkan dengan kabar terbakarnya mobil Daihatsu Xenia dari artis senior Indonesia, Neno Warisman. Terkait dengan hal ini, apa sebenarnya yang membuat mobil dapat mengalami kebakaran?

Beberapa hal yang membuat moil dapat terbakar antara lain adalah korsleting, dan over heat. Untuk menjaga supaya tak terjadi korsleting pada sistem kelistrikan mobil, maka pemilik mobil harus memperhatikan aksesori yang dipasangkan pada kendaraan tersebut.

“Tips menurut saya, pemasangan aksesori harus dengan spesifikasi yang dianjurkan atau sesuai dengan kapasitas kelistrikan kendaraan,” ujar Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi.

Menambahkan aksesori yang berhubungan dengan kabel, diharapkan harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan bengkel resmi. Pasalnya, jika aksesori tersebut tak sesuai standar justru akan berimbas bahaya seperti korsleting.

“Dapat menyebabkan malafungsi sistem yang lain. Kebakaran mobil bukan hanya dari kelistrikan, bisa saja kelupaan. Ada benda asing seperti lap saat mencuci bagian mesin tertinggal dan menempel, sehingga terbakar,” tuturnya.

Tips selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan secara rutin pada kendaraan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *