Tips Simpel Sebelum Berkendara Sepeda Motor

Ototis.com – Safety riding merupakan hal yang paling penting dalam berkendara. Memperhatikan hal-hal kecil seperti menenok kanan/kiri untuk memperhatikan sekeliling ketika akan mulai berkendara ternyata juga merupakan safety riding.

Memperhatikan sekitar ketika akan memulai berkendara sebenarnya untuk memastikan bahwa kondisi di sekeliling kita telah aman. Tujuannya adalah untuk menghindari kecelakaan yang akan merugikan diri sendiri maupun orang lain yang berada disekitar.

Instruktur Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Siswanto, mengutarakan bahwa tujuan tindakan sederhana itu adalah untuk mengamankan kondisi sekeliling kita saat berkendara benar-benar aman.

“Kenapa harus menoleh ke belakang tujuannya untuk memastikan keadaan di sekitar kita benar-benar aman, karena belakang kita blind spot sehingga masih ada kemungkinan risiko yang tidak diinginkan,” ujar Siswanto.

untuk itu, Ia  menyarankan kepada para rider untuk menoleh ke sisi kanan/kiri serta belakang sebelum melakukan berkendara dimanapun anda berada.

“Mau di parkiran rumah, atau di parkiran gedung, usahakan selalu menengok ke belakang, pastikan keadaan di sekitar aman. Begitu juga saat kita akan berpindah jalur, usahakan menoleh kebelakang sekilas jangan hanya mengandalkan kaca spion, karena kaca spion sebagai alat bantu, pastikan dengan menoleh ke belakang,” saran Siswanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *