Tips Sangat Mudah Untuk Bersihkan Knalpot Berkarat

Ototis.com – Sepanjang berjalannya waktu, knalpot kendaraan yang sebelumnya bersih dan mulus, akan termakan waktu. Dampaknya knalpot bisa menjadi kusam hingga berkarat. Tak hanya bagian knalpot, ternyata leher knalpot pun juga dapat menguning.

“Yup, makanya jika lagi mencuci motor, bagian yang ketutup seperti leher knalpot ini mesti lebih detail. Sikat pakai sikat gigi jika perlu agar semua kotoran yang menempel bisa lepas,” jelas Daru Pambudiarso owner Sevens Autocare (SA) Jl. Cinere Raya 145 Ruko Autopart blok OBC 1, Cinere, Jaksel.

Namun, meskipun demikian ternyata masih ada cara untuk membersihkan bagian tersebut. Langkah-langkahnya antara lain…

“Sediakan sponge besi, tapas, sabun colek atau sabun cair, kain halus, chamois dan liquid metal polish,” terang Aldi.

“Untuk proses pertama jangan lupa leher knalpot harus dicuci bersih terlebih dahulu pakai sabun dan tapas,” sambung Daru panggilan akrab bos SA. Untuk leher berbahan besi dan kotoran udah terlalu tebal, bisa menggunakan amplas halus untuk mengangkat semua karat atau pakai sponge besi.

“Tapi harus sabar dan mesti dilakukan berulang kali agar hasilnya bisa maksimal, setelah selesai baru dibilas dengan air bersih dan dilap dengan chamois hingga kering,” ungkap Aldi panjang lebar.

“Untuk leher knalpot yang berbahan stainless, mesti pakai obat khusus pengangkat kerak seperti Meguiars Super Degreaser lalu gosok pakai tapas. Setelah semua kerak terangkat, bilas bersih pakai sabun dan dipoles pakai turtle wax agar hasilnya makin kinclong,” ungkap Daru lagi.

Mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *