Tips Merawat mesin Motor Supaya Awet

Untuk membuat motor tetap dalam kondisi yang awet dan juga prima dibutuhkan Perawatan mesin motor dengan cara yang tepat dan juga benar untuk anda lakukan. Untuk merawat motor sendiri memang terbagi menjadi berbagai cara yang tentunya sangat wajib untuk diketahui oleh para pengguna.

Berikut Perawatan mesin motor yang Benar

Perhatikan Beban yang Dibawa

Jika pengguna motor memiliki motor yang masih dalam kondisi yang baru tentu yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan motor untuk membawa barang dengan beban yang terlalu tinggi. Apalagi jika motor bahkan belum mencapai jarak 500 KM. Hal ini bertujuan untuk motor tidak terlalu dipaksakan sehingga oli yang ada pun juga tetap dalam kondisi yang baik dan tidak tercampur dengan logam ringan dari motor.

Perhatikan Jarak Perjalanan

Sangat penting untuk selalu memperhatikan jarak perjalanan anda dengan menggunakan kendaraan kesayangan anda. Terutama bagi pengguna yang sangat suka untuk touring ataupun melakukan perjalanan yang jauh bahkan lebih dari 80 km dalam sekali perjalanan maka anda harus terus memperhatikan kondisi oli yang ada pada motor.

Usahakan untuk mengganti oli terlebih dahulu sebelum anda memilih dan memulai untuk melakukan perjalanan. Dengan oli yang digantikan dengan oli yang baru akan membuat motor tidak mengalami kepanasan yang bekelebihan terutama untuk bagian mesinnya sehingga tarikan pun juga akan lebih enteng dan membuat mesin lebih awet.

Cara Pemakaian Motor

Cara menggunakan motor yang benar menjadi satu hal yang juga sangat penting untuk diperhatikan. Sangat tidak dianjurkan dalam penggunaan motor harus dengan cara digeber ataupun menggunakannya tidak sesuai dengan standart yang diberikan. Bahkan dengan pemakaian yang tidak benar ini tidak hanya berpengaruh pada mesin tetapi juga berpengaruh mulai dari pistion hingga rantai sekalipun.

Penggantian Oli

Perawatan mesin motor tidak akan bisa dilepaskan dari oli. Jarak yang jauh ataupun jarak tempuh dari motor harus dijaga supaya tidak kelebihan dari batas wajib ganti oli tersebut. Paling tidak jika motor sudah menambah jarak 1000 km maka anda harus segera mengganti oli di motor untuk membuat mesin menjadi awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *