Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berkendara Diwaktu Hujan

Ototis.com – Terkadang, orang akan lebih cepat mengantuk pada saat dalam cuaca yang dingin seperti saat hujan. Namun, hal ini tentunya akan menimbulkan masalah ketika rasa kantuk tersebut muncul ketika kita sedang berkendara. Seperti yang kita tahu, bahwa berkendara dengan posisi mengantuk dapat berakibat fatal seperti kecelakaan.

Disampaikan oleh Leona Victoria Djajadi, selaku Master of Nutrition and Dietetics University of Sydney menyampaikan bahwa asupan makanan harus diperhatikan supaya kita dapat terhindar dari rasa kantuk pada saat mengendarai kendaraan ketika hujan.

“Jangan makan terlalu kenyang karena jika terlalu banyak makan, biasanya akan ada rasa ngantuk saat mulai mengolah makanan,” tulisnya.

“Hal ini karena kita membutuhkan energi untuk memulai proses pencernaan makanan jadi fokus energi di tubuh biasanya ke saluran pencernaan (makanya terasa ngantuk),” lanjut Leona.

BukanĀ  ccuma itu, kebutuhan cairan dalam tubuh juga perlu untuk kita perhatikan loh guys, Seperti contohny adalah untuk mengurangi minuman berkalori atau bergula. Hal ini dikarenakan akan membuat kita dapat semakin haus dan ujung ujungnya memicu kita jadi mengonsumsi karbohidrat.

“Cukup hidrasi dengan cairan yang tidak berkalori atau bergula seperti air putih, teh tawar, teh hijau tawar, infused water. Karena, minuman yang bergula justru akan lebih cepat haus dan terlalu banyak karbohidrat yang masuk (belum tentu itu digunakan karena sedang duduk dikendaraan),” ujarnya.

Selain itu, cukup tidur juga diperlukan sebelum berkendara. Hal ini dikarenakan orang yang kurang tidur, terlebih saat akan berkendara akan membuat orang menjadi mengantuk saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *