Tips Mencuci Saringan Udara Kendaraan

Ototis.com – Salah satu bagian atau komponen kendaraan yang terkadang luput dari perhatian dari pengendara atau pemilik kendaraan adalah bagian saringan udara. Padahal, bagian ini memiiki peran yang cukup penting, yakni untuk menyaring udara yang masuk kedalam ruang bakar.

Karena itu, maka saringan udara sudah selayaknya menjadi bagian yang patut untuk mendapatkan perhatian dari pemilik. Terkait dengan hal ini, Teng Herry Sutanto, selaku Sales Manager PT Prima Semesta Asia menyampaikan bahwa sebenarnya pemilik kendaraan bisa membersihkan bagian tersebut secara meniri.

“Boleh disemprot dengan angin kompresor, tapi tekanan rendah ya. Kalau tekanannya tinggi, kasih jarak di atas 30 sentimeter saat melakukan pembersihan, masih oke,” kata Herry di Jakarta, Selasa 10 Juli 2018.

Berdasarkan tips darinya, pembersihan terhadap bagian tersebut dapat dilakukan tiap kendaraan menempuh jarak 2000 km. Caranya, bagian penyaring udara dapat disemprot dengan angin ataupun dicuci dengan air biasa.

“Boleh aja dicuci, selama bahannya stainless steel. Kalau mau dikeringkan dengan tekanan angin, atur jaraknya. Karena, angin bisa merusak struktur anyamannya kalau disemprot dengan jarak yang dekat dan tekanan tinggi,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *