Tips Berkendara Bijak Menurut Alinka Hardianti

Ototis.com – Sebagai pengendara yang bijak, sudah sepatutnya kita tidak sembarangan dalam mengendarai kendaraan bermotor. Salah satu faktor yang memicu kecelakaan di jalanan kebanyakan disebabkan karena perilaku pengendara yang tidak bijak.

Mengenai hal ini, Alinka Hardianti, selaku salah seorang pebalap wanita dari Toyota Team Indonesia memberikan sedikit tips supaya lebih aman ketika berkendara. Menurut cewe tersebut, yang paling penting adalah para pengendara harus sadar apa yang akan menjadi kewajibannya ketika berkendara.

“Di jalan itu bukan kita sendiri doang. Ada pejalan kaki, ada motor, mobil lain. Jadi kita harus perhatiin hak dan kewajiban kita di jalan raya jangan sampai egois. Tetap harus wise lah di jalan raya,” kata pebalap wanita yang menggeluti gymkhana, drifting, balap touring serta speed offroad ini.

Alinka juga menyampaikan bahwa sudah sewajarnya, para pengendara lebih bersikap dewasa ketika berkendara di jalanan. Mereka juga harus menyadari bahwa yang melintas di jalan tersebut bukan hanya mereka seorang.

“Karena korban kecelakaan (jalan raya) ini lebih banyak daripada korban penyakit malaria. Artinya ternyata kendaraan ini sebenarnya membahayakan juga. Dari situ kita harus introspeksi bahwa kita bawa mobil itu untuk keselamatan diri sendiri. So, kenapa nggak seharusnya di jalan raya juga bisa bersikap lebih dewasa, kita menghargai pengguna jalan lain. Toh kita juga kasih jalan ke pengguna jalan lain 1-2 detik apa ruginya sih. Kalau memang telat, mau cepat-cepat ke tujuan lebih cepat, ya jalan lebih cepat juga,” ucap Alinka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *