Tilang CCTV di Jakarta Saat Ini Masih Sebuah Rencana?

Ototis.com – Perlu diketahui, bahwa mengenai pemerintah provinsi DKI Jakarta yang dikabarkan akan menerapkan proses tilang dengan menggunakan CCTV saat ini masih sebagai rencana.

“Dalam proses perencanaan,” ungkap Dirlantas Polda Metro Jaya, Halim Pagarra, Minggu (10/9/2017).

Memang, beberapa saat yang lalu muncul kabar yang menyabutkan bahwa pemerintah Jakarta dalam waktu dekat akan dilakukan proses tilang menggunakan CCTV. Bahkan dalam penerapannya, hanya sekedar membuka ponsel saat berkendara merupakan sebuah pelanggaran dan harus dikenakan tilang.

“Hoax, saya sudah jelaskan. Di Jakarta belum,” jelasnya.

Namun, proses tilang seperti ini sebenarnya sudah terlebih dahulu di terapkan di Surabaya. Mereka yang terekan kamera CCTV melakukan pelanggaran, nantinya dicatat oleh Dinas Perhubungan dan dilanjutkan dengan diserahkan kepada pihak yang berwajib.

Setelah itu, langkah yang dilakukan oleh polisi adalah bertindak ke rumah dari pemilik kendaraan tersebut untuk menyampaaikan pelanggaran lalu lintas yang ia lakukan. Namun, di Surabanya, ha tersebut masih dalam tahap uji coba, jadi para pemanggar hanya akan diberikan sosialisasi. Tetapi, pada saat diberlakukannya nanti pelanggar akan dihadiahi sanksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *