Tidak Selalu Ganti Velg Yang Besar, Mobil Hilang Tenaga

Ototis.com – Banyak yang beranggapan, mengganti velg mobil dengan yang lebih besar, dapat menyebabkan kendaraan menjadi lebih berat. Alasannya, hal tersebut disebabkan karena tenaga dari mobil harus dikorbankan ketika memasang velg yang lebih besar. Benarkah pernyataan itu?

Wibowo Santosa, selaku owner toko pelek Permaisuri Ban di Mahakam, mengatakan bahwa ia menyetujui anggapan tersebut, namun, tak semua dari anggapan tersebut benar. Hilangnya atau berkurangnya tenaga dari kendaraan menurutnya lebih disebabkan oleh velg yang memiliki bobot lebih. Jadi tidak terlalu berpengaruh pada ukuran.

“Itu bukan karena ukuran peleknya yang lebih besar. Tapi karena pakai pelek yang jelek. Kalau pelek jelek itu pasti lebih berat dari standarnya. Jadi dia menanggung berat lebih besar,” kata Wibowo saat berbincang dengan detikOto.

Menurutnya semua itu tergantung dengan kualitas velg, jadi yang lebih baik adalah menggunakan velg dengan kualitas ori, karena pasti memiliki bobot yang lebih ringan. Namun, jika anda menggunakan velg yang palsu, pasti akan berat.

“Jadi pelek yang dibeli itu pelek apa. Kalau beli pelek murah ya terima aja, pasti lebih berat,” ucap Wibowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *