Target Tahun 2025 Penjualan Mobil Ramah Lingkungan Mencapai 400 Ribu Unit Tak Berlebihan

Ototis.com – Pada saat peresmian ajang GIIAS lalu, Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindustrian sempat menyatakan bahwa pada tahun 2025 nanti, 400.000 unit dari total penjualan kendaraan pada tahun tersebut merupakan penjualan mobil ramah lingkungan.

“Mengenai mobil listrik kan ada wacana dari pemerintah, mereka ingin menggalakkan mobil yang emisi gas buangnya rendah. Salah satunya adalah mobil listrik. Untuk itu mobil listrik dan juga mungkin hybrid pemerintah meminta 2025 kalau bisa mencapai 20 persen (dari total penjualan kendaraan di Indonesia),” kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi beberapa waktu lalu.

Namun, untuk mengabulkan hal tersebut, tentunya perlu kebijakan yang jelas terkait kendaraan ramah lingkungan. Dengan adanya peraturan yang jelas mengenai kendaraan ramah lingkungan, maka target tersebut akan bisa dicapai.

“Kalau peraturannya dibuat, pasti kita akan langsung jalankan. Karena masing-masing merek sudah punya teknologinya,” kata Nangoi.

Sebenarnya, target tersebut terbilang tidak berlebihan dan sangat mungkin untuk dicapai. Kendaraan yang masuk dalam target sebanyak 400 ribu unit tersebut adalah kendaraan listrik dan kendaraan hybrid.

“Emisi rendah bisa pakai bahan bakar misalnya hybrid, tapi kalau nol emisinya bisa pakai listrik,” ucap Nangoi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *