Tak Hanya Bisa Impor, Indonesia Kini Mulai Andalkan Ekspor Kendaraan

Ototis.com – Saat ini, industri otomotif di Indonesia berhasil menunjukan geliat yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dengan mulai berjalannya kegiatan ekspor barang otomotif dari Indonesia ke negara lain.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Airlangga Hartarto, selaku Menteri Perindustrian RI yang menyampaikan bahwa makin kesini, angka ekspor kendaraan dari Indonesia ke negara lainnya makin meningkat.

“Jumlah unit yang diekspor juga naik, dari 194 ribu di 2016 menjadi 231 ribu di tahun selanjutnya. Ekspor dalam bentuk komponen juga terdongkrak, dari 6,2 juta komponen di 2016 menjadi 8,1 juta komponen di 2017,” ujar Airlangga saat memberi sambutan di pembukaan pameran IIMS, Kamis 19 April 2018.

Dengan kenyataan ini, membuktikan bahwa Indonesia tak hanya mampu mengimpor saja dari negara lain, namun juga dapat memasok kebutuhan kendaraan untuk negara lain.

“Negara lain di ASEAN mintanya bukan CBU, sudah dalam bentuk CKD (completely knock down),” tuturnya.

Dan kabar gembiranya, saat ini ternyata ada kendaraan di Malaysia yang semua komponennya di impor dari Indonesia.

“Industri otomotif merek tertentu di Malaysia itu komponennya 100 persen dari indonesia,” ungkapnya. Sayangnya, ia tak menyebutkan mobil yang dimaksud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *