Simpan Smartphone Di Bawah jok Motor Picu Ledakan?

Ototis.com – Saat mengendarai sepeda motor disaat hujan, banyak para rider yang meletakan smartphone mereka di bawah jok. Alasannya biasanya adalah supaya tidak basah terkena air hujan. Namun, beberapa pihak menyebutkan bahwa menyimpan Smartphone dibawah jok akan memicu bahaya.

Sempat beredar melalui media online bahwa sebuah kendaraan sepeda motor meledak dan menghanjurkan bagian jok. Ledakan tersebut kabarnya dikarenakan si pengendara meletakan smartphonenya di bawah jok.

“Wah, mestinya masalah di handphone-nya, gelombang yang dikeluarkan seperti apa, dan tergantung handphone juga. Rasanya, tidak masalah menyimpan handphone di boks motor,” ujar Handy Hariko, Senior Manager Technical Training Departement PT Astra Honda Motor (AHM), melalui pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Selasa (2/5/2017).

Ia juga mengaitkan ledakan smartphone yang diletakkan dibawah jok tersebut dengan peristiwa meledaknya smartphone di dalam mobil. Ia mengatakan, bahwa yang perlu diselidiki adalah penyebab dari smartphone tersebut sehingga meledak

“Mesti dipelajari lebih lanjut masalah meledaknya. Apakah sambil dicas, sehingga terjadi over pengisian. Apa lagi baterainya biasa. Mungkin bisa dicari data lengkapnya,” ujarnya.

Technical Service Division PT AHM Sarwono Edhi, juga turut memberikan pendapat tentang peristiwa itu. Ia mencoba menghubungkan peristiwa itu dengan peraturan di SPBU yang menyebutkan Bahwa HP/Smartphone harap dimatikan ketika mengisi bahan bakar.

“Sistem kelistrikan di mana pun bisa berpotensi menghasilkan percikan api. Untuk itu kami mengimbau agar pengendara dapat mematikan motornya saat melakukan pengisian bahan bakar,” ujarnya menegaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *