Siapa Bilang Perawatan Mobil Pabrikan Eropa Mahal?

Ototis.com – Sudah merupakan rahasia umum kalau mobil asal pabrikan Eropa kebanyakan merupakan mobil mewah yang tentunya memiliki harga yang cukup tinggi. Namun, jika harganya mahal apakah biayaa perawatannya juga mencapai harga yang sangat mahal?

Dikatakan oleh Roynald, yang mana merupakan seorang monbtir dari bengkel khusus mobil Eropa menyampaikan bahwa untuk pemberian perawatan ringan terhadap mobil asal paabrikan Eropa sebenarnya tak terlalu mahak, yakni sekitar Rp 2 – 6 Juta.

“Tergantung kerumitan sih, seperti Jaguar atau Rolls Royce itu bisa mulai dari harga 2 jutaan,” ungkapnya.

Bukan cuma itu, Winarta, kepala operasional bengkel Hugo Car Audio Specialist juga menyampaikan bahwa harga tersebut dapat lebih murah lagi apa bila kerusakan yang terjadi pada kendaraan tersebut dapat diperbaiki (tidak diganti sukucadangnya)

“Kalau masih bisa diperbaiki komponennya itu jauh lebih murah, bisa mulai dari Rp 500 ribu,” katanya.

“Mobil Eropa itu sejujurnya lebih kuat, jadi jarang banget diservis besar-besaran. Paling kerusakan hanya pada lecet bagian eksterior dan interiornya. Tapi bila cukup parah, seperti yang saya tangani kemarin, satu mobil Jaguar bisa kena Rp 5 jutaan. Belum perbaikan mesin tapi ya,” tambah Winarta.

Sebagai contoh ssaat ini pria tersebut sedang memberikan perawatan pada mobil Mercedes-Benz yang sudah takmampu berjalan kikarenakan mengalami kerusakan yang cukup parah pada bagian elektrikal.

“Ini seperti bangun dari awal karena memang tidak bisa jalan tadinya. Sudah dibenarkan semua, interiornya juga sudah kami bereskan seperti baru lagi, total kena Rp 10 jutaan,” ungkap Winarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *