Sesungguhnya Siapapun Boleh Turut Serta Membuat Mobil Nasional

Ototis.com – Beberapa waktu terakhir memangbanyak program pemerintah yang berhubungan dengan dunia otomotif. Salah satunya yang sedang mulai di gencarkan pemerintah ialah soal pembuatan mobil nasional (mobnas).

Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan oleh I Gusti Putu Suryawirawan, selaku Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Elmate) Kementerian Perindustrian. Menurutnya, dalam membuat mobil nasional, bukan hanya dibuat dan dimiliki oleh pabrikan lokal.

“Jadi mobnas itu siapapun bisa membuat. Kalau kendaraan itu dibuat di dalam negeri, lokal konten tinggi dengan merek nasional kita bisa katakan itu adalah mobnas,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Maksud dari kata siapapun baginya adalah bukan hanya para pabrikan besar saja.

“Artinya mobnas bukan milik satu atau dua orang, siapain yang membuat kendaraan di dalam negeri, dan sebagainya, sebagaian komponen bisa sourcing di dalam negeri mereka bisa klaim bahwa itu mobnas,” tuturnya.

Dalam artian dalam membuat mobnas, bukan hanya boleh dilakukan oleh pemerintah saja. Namun, orang biasa juga boleh memberikan kontribusi. Maka dari itu, pria tersebut juga menyampaikan bahwa dalam hal ini pemerintah hanya sebagai pendukung, mereka akan memberikan apresiasi bagi siapapun pihaknya yang memiliki niatan untuk membuat mobil nasional.

“Pemerintah, memfasilitasi supya industrinya tumbuh. Supaya kemandirian tumbuh. Jadi jangan bilang ini program pemerintah. Ga ada lagi. Pemerintah akan memberi apresiasi kepada mereka yang membangun kendaraan itu,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *