Selain Mobil, Kedepannya Motor Juga Harus Dilakukan Uji Emisi

Ototis.com – Semakin banyaknya kendaraan yang berada di jalanan, tentunya akan berdampak pada meningkatnya polisi udara karena gas buang dari kendaraan tersebut. Untuk itu, dalam hal ini uji emisi perlu dilakukan untuk menyetandarkan kadar emisi dari kendaraan sesuai dengan standar yang di tetapkan.

Mungkin selama ini kendaraan yang difokuskan haanya untuk yang beroda empat. Namun, kabarnya kendaraan beroda dua, atau sepeda motor dalam waktu dekat juga diwajibkan untuk melakukan uji emisi.

“Ini jadi perhatian dinas lingkungkan hidup, untuk juga melaksanakan uji emisi pada kendaraan roda dua. Kita akan sosialisasikan terlebih dahulu. Harapannya akan bisa dilaksanakan di 2018,” ucap Diah Ratna Ambarwati, Kepala UPT Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta saat ditemui, Sabtu (21/10/2017).

Kedepannya, kendaraan sepeda motor juga harus melakukan uji emisi yang dapat dilakukan di berbagai bengkel tertentu yang telah didaulat untuk dapat dilakukannya uji emisi.

“Sebenarnya ini pernah coba dilakukan beberapa tahun lalu, kini kita coba galakkan kembali. Ini salah satu cara menjaga kualitas udara dan lingkungan. Langkah ini pastinya akan jadi gebrakan,” ucap Diah.

Harapapannya tentunya kebijakan ini naantinya menddapat dukungan dari berbagai pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *