Sedan Akan Dihapus Dari Daftar Barang Mewah?

Ototis.com – Meskipun menjadi segmen mobil yang paling di gemari oleh banyak negara, namun mobil sedan di Indonesia hanya memiliki angka penjualan yang memprihatinkan. terkait dengan hal ini, pemerintah memiliki niatan untuk meningkatkan pamor sedan di tanah air.

Sedikitnya orang yang tertarik untuk membeli sedan di Indonesia adalah karena di negara kita sedan dibebani pajak barang mewah yang sangat tinggi yang membuat kendaraan tersebut akhirnya dibandrol dengan harga yang sangat mahal.

Terkait dengan hal ini, untuk meningkatkan minat masyarakat untuk kembali menggemari sedan salah satunya ialah dengan menurunkan harga dari kendaraan tersebut. Harga dari sedan dapat lebih murah jika kendaraan tersebut tak lagi digolongkan sebagai kendaraan mewah, karena tak perlu dibebani dengan pajak barang mewah.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Airlangga Hartarto, selaku Menteri Perindustrian yang menginginkan sedan untuk tak lagi dimasukan dalam daftar barang mewah.

“Karena kita ingin menjadikan Indonesia basis industri otomotif. Dan pada akhir bulan Maret itu juga akan ada industri otomotif yang juga akan ekspor baik itu ke Vietnam, Malaysia ke negara ASEAN lain, Timur Tengah termasuk ke Amerika Selatan,” kata Airlangga di Jakarta.

Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini angka ekspor Indonesia dibandingkan jumlah kapasitas produksi dapat dibilang masih cukup kecil. Dengan diturunkannya harga sedan kemungkinan besar produkk tersebut dapat di produksi di Indonesia dan tentunya dapat memperbesar peluang ekspor.

“Kebijakan baru kalau dulu 1980-an sedan dianggap barang mewah dan regulasi stay sampai hari ini. Kami sudah bicarakan dengan Kemenkeu,” ujar Airlangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *