Sebelum Mudik, Cek Kesehatan Mobil Terlebih Dahulu


Ototis.com – Dalam bermudik, mobil pribadi menjadi salah satu pilihan utama. Namun untuk melakukan mudik dengan menggunakan mobil pribadi ada beberapa hal yang harus dipersiapkan demi kelancaran bermudik.

Menurut Iwan Abdurahman sebagai Kepala Bengkel Toyota Astra Motor (TAM) Sunter, yang perlu diperhatikan dalam melakukan mudik menggunakan mobil pribadi adalah memperhatikan kesehatan dari mobil tersebut. Caranya adalah ddengan pengecekan kondisi mesin, ban, rem dan fasilitas kabin (audio dan AC).

“Mesin harus sehat, enggak bocor oli atau air,” kata Iwan.

Selanjutnya, jika mobil anda mengalami gejala suhu yang meningkat pada saat macet, maka yang sebaiknya dilakukan adalah untuk memperbaiki masalah tersebut.

“Atau juga jika ada gejala oli boros (sering nambah), beresin dulu atau pake mobil lain,” ujar Iwan.

Namun, yang ia nilai sebagai bagian terpenting adalah rem. Untuk itu, jika rem mengalami masalah bahkan blong, maka ia mewajibkan untuk memperbaiki supaya normal.

“Kalau udah ketuaan, mending ganti dulu, sekalian cek ketebalan kanvas rem,” kata Iwan.

Setelah itu yang juga penting adalah kondisi ban serta  fasilitas kabin seperti AC dan audio. Untuk ban, yang masih layak pakai adalah yang memiliki alur sedalam minimal 1,6mm. Jika kurang dari itu sudah selayaknya diganti.

“Pastikan ban sama kembangnya dan juga ketebalannya. Jangan lupa cek ban serep,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *