Sampai Kini Honda Belum Akan Jual Motor Listrik di Indonesia, Kenapa?

Ototis.com – Disaat pabrikan kendaraan roda dua laainnya sudah mulai menghadirkan motor listriknya ke tanah air, namun berbeda dengan Honda. Sebenarnya Honda telah memiliki varian motor listrik seperti Honda PCX hybrid dan listrik, namun hingga saat ini belum ada sinyal-sinyal bahwa dalam waktu dekat pihak Honda akan menjual produk tersebut di Indonesia.

Honda sendiri kabarnya baru akan fokus menjual motor listrik tersebut ke wilayah Asiamulai tahun depan. Namun, berkaitan dengan hal ini sebenarnya kapan mereka akan menjual produk motor listriknya ke Indonesia? Menjawab hal ini, Toshiyuki Inuma, selaku Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) terlebih dahulu menyampaikan bahwa bukan hal yang mudah untuk menghadirkan kendaraan tersebut di Indonesia. Menurutnya, berbagai hal terlebih dahulu akan mereka pertimbangkan.

“Untuk mesinnya, baterai, kontrol unit, kita berusaha untuk bagaimana caranya mengurangi biaya produksinya,” ujarnya kepada wartawan, di Tangerang, Kamis (9/11/2017).

Dengan biaya pembuatan tang tinggi, tentunya harga dari produk tersebut tentunya juga akan tinggi juga.

“Nanti harganya tidak akan terjangkau untuk pasar Indonesia,” ucap Inuma.

Namun, jika memaksakan dengan menekan biaya, tentunya nanti juga akan memberikan dampak kepada kualitas dariĀ  produk tersebut.

“Jadi seperti yang saya sudah sampaikan biaya produksinya itu sangat tinggi, kenapa bisa tinggi? Karena kami sendiri mempertimbangkan untuk tidak menurunkan performa dibanding dengan motor-motor mesin konvensional,” tutur Inuma.

“Kalau misalnya kita mau menurunkan performa dengan motor yang ada saat ini menggunakan mesin konvensional itu bisa untuk mengurangi biaya dan harganya, tetapi karena kami ingin setara bahkan kalau bisa melebihi dari pada motor mesin konvensional, maka mau tidak mau biaya produksinya jadi tinggi,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *