Salah Mencuci Soft Top, Bisa Buat Cepat Rusak

Ototis.com – Soft Top atau jib yang memiliki atap yang lunak memang banyak dianggap menarik dan seksi oleh ssebagian orang. Namun dalam merawat atap kanvas ini sering kali menimbulkan masalah.

Misalkan bagian tersebut kotor, ataupun terkena noda, maka tidak bisa langsung dicuci namun ada trik yang terlebih dahulu harus dilakukan supaya bagian ini tetap awet. Salah penanganan dalam pencucian dapat membuat bagiaan tersebut menjadi cepat rusak.

“Perlu perlakuan khusus baik pada bahan kanvasnya maupun kaca mikanya. Jika salah penanganan, kanvas tersebut bisa terlihat kusam dan umurnya pun menjadi lebih pendek,” tutur Tri Handoko dari CBX Workshop yang bermarkas di bilangan Pondok Gede, Bekasi.

“Bahan-bahan yang digunakan pada atap kanvas ini lebih rentan terhadap perubahan temperatur yang cukup ekstrem. Khusus untuk kacanya lebih rentan terhadap goresan,”ucap Tri.

Namun, meskipun terlihat ribet, tak berarti kita harus merogoh kocek yang dalam hanya karena ingin mencuci bagian tersebut. Kita hanya harus mengetahui waktu yang tepat serta bahan yang digunakan untuk mencuci.

“Jangan menggunakan detergen yang keras cukup dengan menggunakan sampo ataupun sabun pencuci piring, itu pun dengan catatan tidak boleh terlalu banyak komposisinya,” imbuhnya.

“Dan yang jelas cara mencucinya tidak boleh dilakukan dengan kasar. Harus lembut dan penuh perasaan,” kekeh pria yang akrab disapa Haji Is ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *