Revisi Pajak Sedan Kapan Rampung?

Ototis.com – Seperti yang kita tahu, bahwa pihak pemerintah Indonesia saat ini berniat untuk membangkitkan pamor mobil sedan di tanah air. Salah satu langkah yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah ialah dengan melakukan perombakan pada pajak sedan. Tujuannya, dengan pajak yang tak terlalu tinggi, pabrikan otomotif mau memproduksi kendaraan tersebut di Indonesia.

Sebagai informasi, di negara lain salah satu segmen mobil yang paling di gemari ialah sedan. Sayangnya hal ini tak terjadi di Indonesia. Di Indonesia sendiri mobil dalam segmen MPV menjadi kendaraan yang menjadi primadona. Dengan memproduksi mobil sedan di Indonesia, maka peluang ekspor sedan ke luar negeri tentunya terbuka lebar. Dengan begitu, dampaknya adalah ekspor indonesia dapat tergenjot dengan diproduksinya sedan.

Terkait dengan hal tersebut, Airlangga Hartarto, Menperind berharap bahwa pihak Kemenkeu dapat segera menyelesaikan terkait dengan revisi terhadap pajak dari kendaraan tersebut.

“Mungkin kuartal satu ini bisa diselesaikan. Draftnya sudah dikirim dari tahun kemarin,” kata Airlangga.

Selama ini, di Indonesia sedan digolongkan kedalam kendaraan mewah. Hal ini membuat pajak dari kendaraan tersebut jauh berada diatas dari mobil dalam segmen lainnya. Dalam revisi dari pajak sedan ini, pemerintah berupaaya menurunkan beban pajak pada sedan. Dengan begitu kedepannya sedan diharapkan tak lagi dibandrol dengan harga yang begitu mahal.

“Kami ingin revisi struktur perpajakan industri otomotif, termasuk Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Kami berharap untuk sedan tidak lagi jadi barang mewah,” kata Airlangga.

“Salah satu sasarannya adalah Australia, karena pabrik mobilnya di sana sudah banyak tutup. Nah, ini kesempatan yang bagus bagi Indonesia untuk masuk di pasar Australia,” ujar Airlangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *