Punya Motor Injeksi? Hati-hati Dengan Banjir

Ototis.com – Ketika musim hujan datang, di beberapa daerah di Indonesia tak lepas dari apa yang disebut dengan banjir. Kondisi ketinggian banjir dari tiap wilayah pun berbeda-beda.

Jika anda merupakan pengendara sepeda motor, sudah semestinya berhati-hati jika terpaksa menerabas genangan air yang tinggi, jangan sampai kendaraan anda terkena mogok. Terutama sepeda motor injeksi yang lebih rentan terhadap air.

Dikatakan oleh Kepala mekanik Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Todo Stanley bahwa sebaiknya berhati hati saat melewati genangan air yang cukup tinggi.

“Selama ketinggian air masih di batas setengah ban atau masih di bawah lobang knalpot, itu tidak ada masalah. Bahaya timbul kalau banjir yang diterjang setinggi ban,” ungkapnya, kepada dapurpacu.com, Senin (21/2).

Saat genangan air melebihi ban, sebaiknya jangan nekat atau bisa saja terjadi korsleting pada kendaraan anda yang berakibat mogok.

“Kalau banjir yang diterjang lebih dari setengah ban, jangan memaksa, dikhawatirkan akan terjadi korsleting. Untuk motor matik, kemungkinan besar air masuk ke bagian CVT, dan bisa menyebabkan gejala slip di CVT karena V-belt basah,” katanya.

Namun, jika tak ada jalan lain dan harus melewati banjir, jalan yang paling aman untuk melewati genangan air yang telah mencapai setengah ban adalah  dengan mendorong kendaraan anda tanpa menyalakan mesin.

“Jika sudah melewati genangan, maka secepatnya motor diengkol pelan-pelan, tapi jangan distarter. Agar air yang masuk ke ruang bakar keluar dahulu,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *