Plat Nomor Kendaraan Akan Diganti Dengan Warna Cerah? Ini Alasannya!

Ototis.com – Seperti berita yang akhir ini mencuat bahwa ada kabar yang menyebutkan bahwa tak lama lagi Korlantas akan segera melakukan pergantian pelat nomor kendaraan yang pada awalnya berwarna gelap (hitam) menjadi warna yang lebih cerah. Salah satu yang menjadi alasan akan diberlakukannya rencana ini adalah dengan warna yang lebih cerah tentunya polisi akan lebih mudah dalam mengawasi kendaraan yang lalu-lalang di jalanan.

“(Penggantian warna pelat nomor kendaraan bermotor) satu rangkaian dengan program elektronik yang disebut Electronic Regident. Dari Electronic Regident ini dapat dikembangkan menjadi program-program pembatasan pengoperasionalan kendaraan bermotor, seperti ERP, ETC (Electronic Toll Collect), e-Parking, ELE (Electronic Law Enforcement),” jelas Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2017).

Dengan penggunaan warna yang cerah diharapkan plat akan mudah terlihat meski melalui CCTV. Dengan begitu, pengawasan yang dilakukan akan lebih mudah untuk di deteksi. Hal ini tentunya menyangkut penerapan sistem tilang menggunakan CCTV.

“Artinya, nanti bisa termonitor dari CCTV itu. Misalnya pelat nomor sekian, itu langsung cepat terdeteksi kalau dia melanggar, langsung ketahuan,” ujarnya.

Untuk mendukung hal tersebut, nantinya juga akan dilengkapi dengan Radio Frequency Information Database (RFID). “RFID bisa mengirim data-data kendaraan itu,” kata Setyo.

Diharapkan perubahan warna pada plat kendaraan dapat direalisasikan pada tahun 2019. “Target 2019, itu pun bertahap untuk kendaraan baru dan yang berganti STNK karena sudah 5 tahun,” terang Irjen Royke Lumowa selaku Kakorlantas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *