Pirelli akan Menambah Kompon Formula 1 Musim Depan?

Ototis.com – Sebagai produsen ban yang digunakan dalam ajang balap F1, Pirelli memiliki niatan untuk menambah kompon baru di musim mendatang. Namun sebelumnya mereka akan memikirkan secara matang mengenai rencana ini sebelum nantinya mereka melaporkan ke FIA. Sampai detik ini, banyak kompon yang dimiliki Pirelli untuk F1 adalah lima jenis yakni hard, medium, soft, supersoft, dan ultrasoft.

Dengan menyediakan komponen yang ada, mereka menyerahkan kepada  tim balap untuk menyesuaikan kebutuhannya sendiri. Sebagai contohnya adalah mereka akan menggunakan kompon yang keras untuk trek yang kering.

Batas waktu pelaporan tersebut adalah tanggal 1 Desember. Mario Isola, bos Pirelli F1 menyampaikan bahwa mereka akan menentukan kompon pada 1 September nanti.

“Tergantung hasil tes. Baru kami akan menentukan jumlah jenis komponnya. Menurut saya kami bisa menambahkannya jadi enam. Itu memungkinkan,” terangnya, dikutip dari Motorsport.

Tes tersebut adalah tes yang dilaksanakaan selama dua hari. Dalam tess tersebut, semua ban dari semua mobil akan dijajal. Tujuan pengetesan tersebut diawal adalah supaya pebalap bisa menuangkan apa kekurangan ban tersebut.

“Tes itu menjadi validasi produk baru kami, dan memberikan kesempatan kepada tim untuk mencoba lebih awal. Jadi pada akhir November, kami harus siap dengan versi final ban untuk 2018,” tutup Isola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *