Perhatikan Hal Ini Saat Parkir Supaya Mobil Matik Gak Cepat Rusak!

Ototis.com – Seperti yang kita tahu, bahwa berdasarkan transmisinya, mobil terbagi menjadi dua, yakni transmisi manual dan transmisi matik. Dianta dua transmisi ini, kebanyakan saat ini orang lebih berminat dengan jenis yang kedua, yakni matik.

Terkait dengan hal ini, ternyata ada beberapa hal yang terkadang banyak di sepelekan, padahal jika sering kali dilakukan akan menyebabkan kerusakan bagi mobil yang menggunakan transmisi otomatis (matik).

Kebiasaan itu salah satunya ialah ketika seorang pengemudi memindahkan ke transmisi P pada saat kendaraan belum sepenuhnya berhenti (masih sedikit berjalan). Hal ini seperti yang disampaikan oleh Chinto Adiputera, Supervisior Business Area Sales Department Retail Division Astra Otoparts.

“Saat mobil masih dalam kondisi bergerak, jangan langsung ke P, karena nanti bisa menyebabkan beberapa crash yang dapat menyebabkan berkurangnya umur transmisi itu sendiri juga,” kata Chinto, di Jakarta.

Sejatinya, gigi P juga dapat digunaan ketika saat terjadi kemacetan di jalanan. Namun, yang perlu diperhatikan ialah saat melakukannya, kendaraan sudah benar-benar berhenti.

“Mungkin ke P tidak apa-apa asalkan berhenti dulu, plus rem tangan itu lebih bagus lagi. Karena kalau kita paksakan transmisi itu berputar dan P itu masuk, kerusakan terburuknya patah, karena itu dipaksa ditekan dihajar gigi transmisinya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *