Pergantian Komponen Mobil Sebaiknya Berdasarkan Waktu

Ototis.com – Selain oli, ternyata beberapa komponen dari mobil jug perlu untuk dilakukan pergantian secara berkala. Apakah sajakah bagian-bagian tersebut? mereka adalah  busi, oli transmisi, filter, sampai kampas rem. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi. Yang perlu dimengerti adalah jangan selalu jarak yang menjadi patokan untuk pergantian bagian-bagian tersebut.

“Kadang-kadang konsumen hanya perhatikan ke jarak saja, jadi selama belum sentuh jarak yang ditetapkan mereka tetap pakai terus. Padahal anjuran bengkel itu ada perbandingan dengan waktu. Contoh seperti ganti busi untuk reguler tiap 20.000 km sampai 30.000 km atau sekitar satu tahun paling lambat,” ucap Anjar.

Bukan cuma busi yang seharusnya juga memperhatikan waktu, ternyata oli transmisi juga mempertimbangkan waktu. Bahkan pria tersebut lebih menganjurkan untuk kendaraan yang berada di kota besar untuk lebih mengutamakan perhitungan berdasarkan waktu.

“Kalau mobil yang digunakan untuk aktivitas dari rumah ke kantor dengan jarak tidak lebih dari 100 km mungkin akan lama tercapainya, jadi disarankan pergantian dari dari sisi waktu aja. Rajin-rajin cek kondisi akan membuat mobil lebih awet,” kata Anjar.

Seperti yang kita tahu, bahwa kota besar sangat identik dengan yang namanya macet. Jadi, perhitungan jarak tak selayaknya untuk menjadi acuan. Karena saat macet kendaraan kerap kali berhenti, padahal dalam berhenti, mesin tetap saja menyala.

Untuk itu, ia lebih menyarankan untuk melakukan pergantian bagian-bagian tersebut berdasarkan waktu. Seperti contohnya adalah untuk mengganti mobil selama 6 bulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *