Penjualan Sepeda Motor Tahun Ini di Indonesia Sama Dengan Tahun Lalu

Ototis.com – Penjualan sepeda motor tahun ini dikabarkan mengalami grafik yang datar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun, meski begitu AISI menyebutkan baha hal ini masih mending ketimbang harus mengalami penurunan.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala, yang mana menurutnya saat ini pasar kendaraan roda dua memang sedang tidak baik, bahkan mengalami penurunan sejak beberapa tahun kebelakang.

“Memang kalau dilihat dari grafik, kami mengalami penurunan sejak 2014 di mana merosot sekitar 17 persen, dan yang terakhir adalah tahun lalu. Pada 2016 pencapaian total di 5.931.285 unit dan tahun ini angkanya hanya sekitar di 5,9 jutaan,” ujar Sigit, Senin (27/11/2017).

Menurut pria tersebut, kemungkinan besar, sampai tutup tahun nanti penjualan sepeda motor akan tetap seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya. Namun, hasil baik di raih di dua pulau luar jawa, yakni Sumatera dan Kalimantan. Di dua pulau tersebut memang kabarnya penjualan lebih baik dibandingkan tahun lalu.

“Kedua wilayah tersebut menunjukkan hasil positif karena harga komoditi di sana cukup membaik, khususnya untuk rubber dan CPO. Sementara daerah Jawa dan Bali masih mengalami koreksi,” tutur Sigit.

Dari awal tahun hingga bulan oktober, penjualan kendaraan sepeda motor di Indonesia mencapai 4.919.804 unit di tahun ini. Angka ini sebenarnya sedikit lebih kecil dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang mencapai angka 4.922.598 unit. Namun, dalam tiap bulannya, penjualan pada bulan Oktober tahun ini berhasil mencatatkan angka yang lebih besar dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

“Jadi kami optimis angka di akhir tahun akan mencapai 5,9 juta unit,” ujar Sigit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *