Penjualan Sepeda Motor Bulan November Alami Grafik Penurunan

Ototis.com – Grafik penurunan terjadi dalam statistik penjualan kendaraan sepeda motor yang terjadi di bulan November jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sebagai informasi,bahwa di Indoneesia penjualan sepeda motor bulan November hanya mencatatkan angka 550.303 unit, angka ini tentunya lebih kecil jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 579.552 unit.

Disampaikan oleh pihak AISI, selaku badan yang mengayomi kendaraan sepeda motor di Indonesia, penurunan angka penjualan tersebut dikarenakan berkurangnya waktu kerja karena terpotong dengan banyaknya libur yang berhubungan dengan akhir tahun.

“Penurunannya ada yang tajam ada yang enggak kan, kalau Honda kan enggak terlalu tajam. Kalau sampai Desember mesti kita lihat karena hari kerja produksinya pendek,”  Ungkap Sigit Kumala, selaku Ketua Bidang Komersial AISI.

Terlebih, menurutnya, beberpapa produsen juga sengaja membatasi pengiriman atau distribusi ke dealer karena dalam rangka penyehatan stok motor.

“Akhir tahun, beberapa masih ada yang melakukan penyehatan kan nah melihatnya ke sana sih. Supaya stok lama itu enggak kebawa tahun depan. Stok di pasar beberapa merek ada yang stoknya tinggi dan mereka melakukan pengurangan distribusi,” tuturnya.

Menurut pria tersebut, pihak AISI memasang target bahwa total penjualan sepeda motor tahun ini di Indonesia mencapai 5,9 juta unit. Target ini dapat dikatakan menurun, karena sebelumnya mereka sempat memasang target awal mencapai 6,2 juta unit.

“Target tahun depan mungkin sekitar 6,1 juta unit. Karena harga komoditas sudah membaik kita melihatnya seperti faktor-faktor kenaikan listrik, pengurusan jasa STNK dan BPKB enggak akan naik lagi karena tahun ini sudah naik masa naik lagi. Harapannya enggak banyak berubah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *