Penjualan MPV Masih Jadi Primadona, Sedan Makin Memprihatinkan

Ototis.com – Sebagai badan yang menaungi merek kendaraan di Indonesia, Gaikindo telah mendapatkan angka banyaknya penjualan kendaraan roda empat yang terjadi sepanjang tahun 2017 yang lalu di negara Indonesia.

Berdasarkan data dari Gaikindo, penjualan mobil di indonesia pada tahun 2017 mencapai angka 1.079.534 unit. Hasil ini tentunya cukup baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai angka 1.062.761 unit.

Dari total penjualan tersebut, MPV masih memegang sebagai segmen dengan penjualan terbanyak, yang mana mencapai lebih dari separuh dari total penjualan. Sayangnya, disisi lain segmen mobil sedan harus mengalami penurunan penjualan yang cukup drastis dibandingkan tahun sebelumnya.

Penjualan mobil sedan di tahun 2017 lalu di Indonesia hanya mencapai angka 9 ribuan. Sedikitnya angka penjualan pada mobil sedan nampaknya merupakan dampak dari tingginya besaran pajak PPnBm yang dibebankan pada produk tersebut.

“Terbukti dengan PPnBM di MPV 10% penjualannya luar biasa. Pembeli akan pindah ke sedan kalau harganya sama dengan MPV, samakan saja tarif (pajak) dengan MPV,” ujar Jongkie di Jakarta

Padahal, menurutnya di Indonesia sendiri cukup banyak masyarakat yang berminat untuk membeli mobil sedan.

“Kita lakukan survei, kenapa banyak orang beli MPV? Sebagian orang ternyata merasa nggak perlu 7 seat, maunya sedan saja. Tapi mampunya beli MPV, bukan sedan. Banyak yang merasa lebih enak pakai sedan, tapi harganya nggak terjangkau,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *