Penjualan Mobil Tak Tunjukan Grafik Yang Menggembirakan, Ini Komentar Gaikindo

Ototis.com – Saat ini, berdasarkan data yang dimiliki oleh pihak Gaikindo, penjualan kendaraan roda empat di Indonesia terlihat stagnan. Bahkan, jika dibandingkan dengan tahun 2013-2014, penjualan mobil di beberapa tahun belakangan mengalami penurunan.

Di tahun 2013-2014, penjualan dapat mencapai angka 1,2 juta-an unit. Namun, mulai tahun 2015, penjuaan mobil hanya mencapai sekitar 1 jutaan unit saja. Terkait dengan hal ini, Jongkie D. Sugiarto, selaku Ketua I Gaikindo akhirnya menyuarakan pendapatnya.

“Sekarang bukan semata-mata target penjualan doang, kan harus dibenahi juga yang lainnya,” kata Jongkie di Jakarta.

Pria tersebut juga menyampaikan bahwa salah satu faktor yang membuat penjualan kendaraan akan mengalami peningkatan adalah dengan adanya dukungan dari berbagai aspek, termasuk dari pihak pemerintah.

“Seperti harmonisasi tarif pajak, kemudian masalah standar emisi euro supaya ada efisiensi di pabrik. Masa di sini mobil Euro2 sementara untuk ekspor pakai Euro4. Nah yang begini dari Gaikindo mengusulkan ke Pemerintah, ya untuk mencapai target juga,” kata Jongkie.

Jika begitu, sekiranya kapankah penjualan mobil di Indonesia mengalami grafik yang menanjak?

“Ya tetapi target itu bukan di tangan saya. Sebagai Gaikindo, kami hanya memberikan masukan, tapi keputusan akhir di Pemerintah, baik keuangan, perhubungan, dan lain sebagainya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *