Penjualan Dua Merek Otomotif Asal Korea Selatan Alami Penurunan

Ototis.com – Tahun 2017 ini, penjualan produk dari pabrikan otomotif asal Korea Selatan, yakni Hyundai dan Kia dikabarkan mengalami penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Prosentase penurunan terhadap kendaraan dengan merek tersebut pun lumayan besar, yakni mencapai angka 7%. Sebagai dugaan, penyebab dari anjloknya penjualan dari duapabrikan tersebut adalah  melemahnya pasar di dua negera target utama, yakni Amerika dan China.

Bukan hanya di negara tersebut, penurunan penjualan produk Kia dan Hyundai juga terjadi ddi wilayah tanah air. Bahkan penurunan penjualan produk tersebut di Indonesia dapat dibilang sangat ekstrim, yakni mencapai angka 19,28%.

Dengan penurunan angka penjualan tersebut tentunya membuat mereka tak dapat mencapai target yang sebelumnya mereka pasang, terutama pada Hyundai. Sebelumnya Hyundai memasang cukup tinggi di 2017, dimana penjualan produk mereka diharapkan mencapai angka 8,25 juta. Berbekal pengalaman ini, mereka di tahun 2018 tidak akan memasang target yang terlalu tinggi.

“Pasar diperkirakan akan sulit, karena perlambatan di pasar utama seperti AS dan China, pertumbuhan ekonomi global dan proteksionisme perdagangan yang berkepanjangan di negara-negara besar,” ujar Hyundai Motor dalam pernyataan resminya mengutip Reuters, Kamis (4/1/2018).

“Target untuk Hyundai dan Kia tahun ini juga lebih rendah dari perkiraan. Ini tampaknya menjadi target konservatif, yang mencerminkan kesulitan Amerika Serikat dan pemulihan yang lamban di China yang sedang berlangsung,” ujar Kim Jin-woo, Analis di Korea Investment & Securities.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *