Penjualan Avanza kembali Menanjak?

Ototis.com – Seperti yang kita tahu, bahwa produk yang sementara ini meraih angka penjualan terbanyak di kelas MPV sepanjang 2018 adalah Xpander. Produk dari Mitsubishi yang lahir pada tahun lalu ini berhasil menyalip penjualan dari Toyota Avanza yang beberapa tahun terakhir selalu menguasai penjualan produk di segmen Low MPV.

Namun, meski demikian, berdasarkan data yang disampaikan oleh pihak Toyota yang diwakili oleh Fransiscus Soerjopranoto, selaku Executive General Manager TAM, beberapa waktu lalu, menurut mereka penjualan produk Avanza kembali menanjak.

“Apalagi menjelang Lebaran kemarin, kita bisa jualan sekitar 8.000 unit, itu kalau enggak ada kendala seperti perpanjangan libur atau instansi, STNK (kebijakan) dan segala macam, mungkin kita bisa jualan lebih,” ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Kenaikan penjualan sebuah produk ketika mendekati momen lebaran merupakan hal yang sangat wajar, namu, setelah momen lebaran terlewati, biasanya penjualan produk kembali seperti semula. Terlebih, Toyota memang sengaja mengurangi produksi Avanza akhir-akhir ini.

“Memang saat itu kita turun 6.000, karena kita sesuaikan dengan demand, supaya stok di diler tidak tinggi. Kalau demand turun dikarenakan ada pemain baru masuk itu kan lumrah. Kalau kita tetap paksakan sekarang pasok sekitar 9.000 atau 10.000 unit sementara demand-nya hanya 6.000 unit, kan diler kita grogi,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *