Pengaruh Mobil yang Tidak Pernah Dipakai Terhadap Ban

Ototis.com – Menjadi salah satu bagian yang terpenting dari sebuah kendaraan, sudah selayaknya jika ban mendapat perhatian lebih dari pemilik kendaraan. Hal tersebut sejalan dengan yang dikatakan oleh owner toko pelek Permaisuri Ban di Mahakam, Wibowo Santosa. Ia mengatakan bahwa ban pada sebuah kendaraan harus sering diperhatikan. Terutama yang perlu diperhatikan adalah kondisi dari tekanan angin yang mengisi ban tersebut.

“Kalau pakai ban produksi 2018, tapi tekanan anginnya salah ya mati juga. Terus juga perawatannya, dirawat enggak balancing/spooring-nya,” kata Wibowo.

Menurut pria tersebut, meskipun kendaraan jarang di gunakan, tidak ada salahnya anda tetap menjalankannya walau hanya sekali dalam seminggu. Lho memangnya kenapa yahhhh… Kok dia menyarankan seperti itu???

“Kalau bisa harus jalan terus, maksudnya, misalnya seminggu sekali, asal keliling kompleks rumah saja,” katanya.

Mobil yang tidak pernah digunakan sudah dapat dipastikan bahwa ban akan terus menempel ke lantai. Dampaknya jika terus seperti itu adalah akan memicu timbulnya flat spot. Nah, karena itulah ia sangat menyarankan supaya jangan terlalu lama membiarkan mobil tidak digunakan.

“Karena misalnya mobil jarang dipakai, mobil ditaruh saja, itu pasti banya ada flat spot. Pas lagi diam, kalau bisa enggak nempel ke lantai, didongkrak dan sebagainya. Karena kalau nempel terus ada flat spot,” ujar Wibowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *