Pendapatan Yang Kian Merosot, Ini Jadi Tahun Terakhir F1 Di Malaysia

Ototis.com – Perdana Menteri Malaysia, Seri Najib Tun Razak, mengumumkan bahwa 2017 adalah tahun terakhir Malaysia menggelar pertandingan formula 1 sejak 19 tahun terakhir. Hal itu dikarenakan semakin merosotnya tingkat keuntungan yang mereka peroleh dari ajang balap jet darat tersebut.

“Menggelar F1 memang membantu mempromosikan Malaysia sebagai salah satu destinasi liburan olahraga dunia. Namun keputusan ini harus diambil dengan melihat beberapa hal terkait masalah finansial yang berdampak pada banyak pihak,” ujar Najib.

Merosotnya keuntungan itu diakibatkan karena menurunnya jumlah penonton  hingga turis yang datang untuk menyaksikan turnamen tersebut. hal ini sebenarnya dikarenakan semakin banyaknya negara yang menggelar kejuaraan balap F1.

“Dulu hanya ada 16 negara yang terlibat dalam kejuaraan F1. Kini sudah bertambah menjadi 21 negara, dengan 6 diantaranya merupakan negara Asia. Tentu ini berdampak pada penurunan pendapatan baik bagi penyelenggara maupun bagi Malaysia sendiri,” tambah Najib.

Meskipun ini adalah tahun terakhir bagi kejuaraan F1 di Malaysia, namun untuk kejuaraan balap lainnya sseperti MotoGP masih akan dilaksanakan di Sirkuit Sepang Malaysia. Balapan F1 yang terakhir di Sirkuit Sepang Malaysia akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *