Peminat Bus Semakin Menurun?

Ototis.com – Mudik bukan merupakan hal yang aneh yang terjadi di Indonesia. Setiap mendekati lebaran, selalu banyak orang yang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman, mengunjungi sanak saudara mereka. Berbagai alat transportasi dipilih supaya bisa sampai ke kampung baik itu angkutan darat, laut atau udara.

Sayangnya, untuk jenis angkutan darat seperti bus mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Dwi Ryanta Soerbakti selaku Managing Director Lorena Transport. Tbk. Menurutnya, hingga saat ini peminat bus untuk kegiatan seperti mudik semakin menurun.

“Kisaran 10 persen dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Karena apa? Pertama,, bus bantuan aja lama-lama naik, belum lagi kemacetan kaya di Brexit waktu itu kan,” ujarnya kepada wartawan, di Ciputat, Tangerang.

Tak hanya dirasakan oleh Lorena, menurut wanita tersebut hal itu juga terjadi secara menyeluruh. Saat ini, kehadiran pesawat dan kereta api menjadi pelaku utama menurunnya minat orang kepada Bus.

“Oleh karena itu diawal kita katakan, kita berinvestasi dengan besar. Tapi tentu saja kita mencari daerah yang berpotensi besar, contohnya Madura. Kita kan enggak bersaing dengan pesawat dan kereta,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, faktor lain yang menyebabkan penurunan minat masyarakat terhadap bus adalah faktor kenyamanan yang kurang memadai. Untuk itu, dirinya berupaya meningkatkan kenyamanan dan pelayanan kepada kendaraannya supaya mengembalikan minat masyarakat terhadap Bus.

“Saya selalu katakan, dari mass transportation menjadi butik transportation, yaitu personalize dan high end, jadi kalau massal biasa sudah pasti kalah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *