Pemerintah Bertekad Tingkatkan Kualitas Mobil Listrik Buatan Mahasiswa

Ototis.com – Meskipun pemerintah telah memberikan sinyal positif terkait pengembangan mobil listrik, namun saat ini belum ada prototype hasil karya mahasiswa Indonesia yang telah dibuat dalam jumlah yang besar untuk kedepannya bisa di produksi.

Sebenarnya, pemerintah pada saat ini sedang mempersiapkan program mobil listrik nasional (Molina). kendaraan roda empat listrik tersebut diharapkan pada 2020 nanti bisa dibuat secara masal dan dijual. Untuk itu, pemerintah bertekad untuk terus meningkatkan kualitas dari produksi tersebut. hal tersebut bertujuan supaya nantinya produksi tersebut tidak mandek hanya menjadi mobil konsep.

“Ristekdikti itu tugasnya di dalam riset teknologi ini harus meningkat pada level 6, ini belum sampai level 6 kalau sudah level 6 kami akan undang Kementerian Perindustrian untuk melakukan sertifikasi supaya masuk di industri masuk di level 7,8 kalau 9 sudah industri,” ungkap Menristek Dikti Muhammad Nasir di Bogor beberapa waktu lalu.

Dalam hal ini,pemerintah mengajak beberapa perguruan tinggi untuk bisa mengembangkan Molina. Beberapa perguruan tinggi tersebut antara lain adalah ITB, UI, UNS, UGM, dan ITS. Harapannya maksimal sampai awal 2018 Molina sudah bisa diuji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *