Pasar Hatchback di Indonesia Makin Turun, Kenapa?

Ototis.com – Di era ini, di Indonesia telah tersedia berbagai macam pilihan jenis mobil. Dengan kondisi ini, para konsumen tentunya akan diuntungkan dengan semakin banyaknya pilihan yang dihadirkan. Namun, disisi lain, saat ini kenyataannya minat masyarakat untuk membeli kendaraan dengan jenis Hatchback dinilai mulai menurun.

Hal ini sesuai dengan yangb disampaikan oleh Jonfis Fandy, selaku Marketing and After Sales Service Director Honda Prospect Motor. Menurutnya, saat ini seiring dengan masuknya kendaraan model-model baru di Indoneesia, kendaraan berjenis hatchback popularitasnya mulai terkikis.

“Hatchback dalam beberapa tahun terakhir memang turun karena ada model baru dari kanan, kiri, atas, bawah dalam tiga tahun belakangan. Tahun ini juga agak turun dari tahun sebelumnya yakni 12%,” ucapnya kepada wartawan di gelaran Honda Jazz & Brio Tuning Contest 2017, Jakarta Barat belum lama ini.

Salah satu yang menyebabkan hal ini adalah karena sifat masyarakat pada umumnya yang tak pernah puas membuat mereka selalu ingin mengupgrade kendaraannya menuju kearah yang lebih moderen ketika telah memiliki dana.

“Ada LMPV, LSUV, hatchback premium, sekelas HR-V juga ada. Banyak sekali,” ucap Jonfis.

“Tahun depan bila segmen lain yang baru terus bermunculan, maka segmen ini (hatchback) bisa terus turun,” lanjutnya.

Namun, terlepas dari itu semua, pihak Honda masih meyakini bahwa produk mereka yang berada dalam segmen Hatchback yakni Honda Jazz akan tetap memiliki angka penjualan yang cukup baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *