Para Lady Bikers, Sebelum Berkendara Perhatikan Ini Dulu

Ototis.com – Bagi anda seorang wanita yang hendak mengendarai sepeda motor, perlu juga melakukan pengecekkan mengenai kondisi motor yang meliputi kondisi ban, lampu, dan indikator lainnya.

“Dari segi berkendara, harus ngecek kendaraan terus perlengkapan yang dipakai, terus safety gear, itu yang masih kurang peduli mungkin mereka nggak ngerti harus seperti apa mereka kan tahunya naik motor jalan udah. Ngisi bensin pun kadang-kadang mau habis baru isi bensin, jarang sekali aware dengan hal-hal seperti itu,” jelas instruktur safety riding Queenrider, Citra Ayu Lestari,  Jumat (19/5/2017).

Dia juga memberi saran, sebaiknya jika memang mau mengendarai sepeda motor, tidak perlu mengenakan sepatu yang memiliki hak tinggi. selanjutnya ia mengatakan untuk mengecek ban  apakah bocor atau tidak, kurang angin atau tidak. Tentunya hal tersebut adalah untuk mewaspadai supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ketika berkendara.

“Kalau sekarang kan udah banyak ban tubeless, kalau dulu kan masih pakai ban dalam nih, nah itu kadang nggak terdeteksi kalau bocor. Kalau ban tubeless kan bocor sedikit masih bisa diminimalisir, buat jalan bisa tapi kalau ban dalam bocor, jalan sepi itu berbahaya banget. Jadi kalau misal mau berangkat kurang angin, atau bocor halus nih kita bisa melipir dulu sebelum perjalanan jauh,” tutur Citra.

Setelah mengecek ban, selanjutnya melakukan pengecekan lampu indikator, seperti indikator bensin dll. lalu mengecek lampu kendaraan, menyala atau tidak.

“Kita harus mengecek langsung ke lampunya takutnya indikatornya nyala nih belum tentu lampunya nyala, khawatirnya kalau kita mau melakukan aktivitas berbelok, nyalain sein kita berpikir sein kita nyala ternyata nggak. Orang lain di belakang jadi nggak tahu kita mau berbelok karena si pengendara berpikir nyala, padahal yang di belakang mana nyala, mati sama lampu rem belakang yang sering diabaikan,” kata Citra.

Jika itu semua sudah, jika memang ingin berkendara jauh, tak ada salahnya melakukan pengecekan terhadap oli. Jangan sampai telat dalam pergantian oli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *