Pajak Sedan Akan Disamakan Dengan MPV dan SUV?

Ototis.com – Mobil jenis sedan mungkin dahulu menjadi primadona di Indonesia. Namun, mungkin karena harganya yang lebih mahal, kepopuleran mobil sedan tergerus oleh mobil kelas MPV. Selain itu, orang lebih memilih mobil kelas MPV dibandingkan Sedan juga karena daya tampung dari MPV yang lebih banyak.

Kabarnya saat ini pemerintah sedang mengatur sistem perpajakan agar membuat harga dari sedan tak lagi terlalu tinggi dan nantinya sedan lambat laun kembali populer di mata masyarakat Indonesia. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Airlangga Hartarto, selaku Menteri Perindustrian yang mengaku sedang melakukan koordinasi supaya pajak sedan dapat disamakan dengan mobil berjenis SUV dan MPV.

“Sekarang kan ada pembedaan antara mobil yang SUV atau MPV dengan sedan. Nah sedan memang dulu pada regulasinya didorong, sedan termasuk barang mewah tetapi sekarang posisi sedan tidak mewah lagi. Jadi ini sudah dibicarakan dengan Menkeu untuk disamakan antara MPV, SUV, dan sedan,” kata Airlangga usai bertemu dengan Wapres JK, Jumat (21/7/2017).

“Sehingga nanti industri otomotif bisa memproduksi sedan. Karena sedan ini memiliki pasar yang bagus di luar negeri. Kalau bicara tahun ini ekspornya dibandingkan dengan tahun lalu untuk kuartal pertama meningkat 30 persen, kalau ini kita memproduksi sedan potensi naiknya lebih tinggi lagi,” lanjut Airlangga.

Sebagai informasi, pajak yang ditetapkan untuk sedan yang berkapasitas dibawah 1.500 cc adalah 30% sedangkan pajak untuk sedan yang memiliki kapasitas mesin di atas 3.500 cc adalah 125%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *