Pajak Dan Kandungan Lokal Pada Mobil Listrik Perlu Di Matangkan Supaya Harganya Semakin Murah

Ototis.com – Untuk bisa mewujudkan penerapan mobil listrik di Indonesia, Pihak pemerintah nampaknya harus bekerja ekstra untuk mematangkan rencana tersebut. Seperti contohnya yang harus dimatangkan dari pihak pemerintah adalah mengenai sistem pajak. Aturan pajak yang saat ini di gunakan secara global ialah berdasarkan kapasitas mesin, jadi bukanĀ  dilihat dari emisi gas buangnya.

Dengan kenyataan tersebut, akhirnya membuat harga yang dibandrolkan kepada mobil listrik maupun mobil hybrid jadi jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil kovensional.

“Struktur pajak mobil, mobil kita ini kan dasarnya cc terus jumlah penggerak, terus jenis mobil sedan, MPV kan beda-beda,” ungkap Dirjen ILMATE Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan saat ditemui di kantor Kemenperin, Rabu (9/8/2017).

“Mobil penumpang itu kan harusnya sama semua pajaknya, penumpang dua orang, penumpang tiga orang, penumpang 4 orang kan harusnya pajaknya sama,” lanjut Putu.

Tidak cuma sampai disitu, selain memperhatikan struktur pajak, yang harus dipertimbangkan berikutnya adalah apa saja kandungan lokal yang dapat disematkan pada kendaraan tersebut supaya harganya bisa semakin murah.

“Kemudian tentunya kita harus menambahkan lokal konten, makin tinggi lokal konten pajaknya makin rendah,” tutur Putu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *