Oli Berwarna Hitam Sudah Harus Diganti?

Ototis.com – Seperti yang kita tahu, pergantian oli menjadi hal penting dalam sebuah kendaraan.  Terkadang, orang menganggap bahwa salah satu pertanda oli mesin harus diganti adalah ketika warnanya telah berubah menghitam. lalu, benarkah anggapan tersebut?

Ternyata, anggapan tersebut tak sepenuhnya benar. Oli yang berubah warna menjadi kehitama, dikarenakan oli telah menjalankan fungsi lainnya yakni sebagai pembersih mesin. Seperti yang kita tahu, bahwa selain sebagai pelumas, fungsi lain dari oli adalah sebagai pembersih mesin.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Agung Prabowo, Technical Specialist PT Pertamina Lubricant. Pria tersebut menyampaikan bahwa warna hitam menandakan oli sudah harus diganti hanyalah omong kosong belaka.

“Untuk mitos yang satu ini (ganti oli kalau sudah hitam) mungkin tidak ada yang sadar. Padahal, perubahan warna oli menjadi lebih pekat justru merupakan hal yang wajar,” katanya.

Warna hitam pada oli, menurut pria tersebut menunjukan bahwa oli menjaga kotoran yang terdapat di mesin berhasil mereka ikat dan membuat kotoran tersebut menjadi tak mengendap di mesin.

“Tidak perlu khawatir, hal ini pun tidak akan menghalangi fungsi oli tersebut. Jadi perubahan warna oli tidak bisa menjadi patokan untuk mengganti oli, karena oli sifatnya juga membersihkan bukan hanya sebagai pelumas,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *